Cara Membuat Website Sendiri, Belajar Secara Otodidak

Ourninetytwo Blog - Dalam artikel cara membuat website sendiri, belajar secara otodidak akan dijelaskan tentang bagaimana teknik membuat website secara mudah dan instan. Tutorial pembuatan website kali ini menggunakan CMS wordpress, agar anda dapat membuat website sendiri dengan mudah tanpa harus memiliki ilmu pemograman khusus.

WordPress adalah konten managemen sistem terbaik saat ini atau biasa disebut CMS. Jika anda pembuat website pasti mengetahui apa saja kegunaan Wordpress untuk blog ataupun toko online. Disini saya akan membahas sedikit tentang Wordpress karena sangat berhubungan erat dengan membuat website. Kenapa Wordpress banyak digunakan orang untuk membuat website ? alasan yang paling utama adalah gratis gratis, fiturnya tidak terbatas, dan proses belajarnya paling mudah. Bahkan kalau anda belum pernah memegang komputer sebelumnya pun kamu akan dapat membuat situs dalam 5 menit.

Keunggulan Wordpress untuk membuat website adalah :
  • Gratis dan bersifat open source, bisa digunakan siapa saja
  • Gampang untuk digunakan walaupun tidak paham bahasa pemograman
  • Banyak theme dan plugin yang bisa anda gunakan
Masih banyak lagi keunggulan lainnya yang masih tersembunyi, hanya akan anda ketahui setelah menggunakannya. Wordpress dapat dibuat menjadi website atau blog, seperti toko online, web profile, company profile, iklan baris, directory dan lain-lainnya. Intinya website apa saja dapat dibuat menggunakan Wordpress. Yang anda harus ketahui adalah Wordpress itu ada 2 versi, yang pertama wordpress.com dan wordpress.org. Pada tutorial kali ini kita akan menggunakan Wordpress yang self host bukan Wordpress blog yang ada di wordpress.com.

Cara Membuat Website Sendiri

Cara membuat website sendiri memang gampang tidak perlu ada keahlian khusus jika anda membuat website dengan CMS. Apa saja untuk bisa membuat website itu diakses dari seluruh Indonesia dan seluruh dunia ? Yang anda butuhkan adalah domain dan hosting untuk bisa membuat sebuah website pendukung bisnis atau usaha lainnya. Untuk pemula saya rekomendasi layanan dari niagahoster, kenapa ? karena niagahoster sangat praktis untuk pemula. Anda tidak perlu melakukan setting domain dan lain-lainnya, tinggal order dan buat websitenya setelah itu website anda sudah bisa diakses oleh calon pelanggan anda. Jika anda bingung bagaimana cara ordernya bisa klik disini untuk cara melakukan order di niagahoster.

Sebenarnya masih banyak tempat untuk beli hosting dan domain yang bisa dipilih, namun saya sarankan untuk menggunakan niagahoster jika anda sangat baru sekali dalam belajar membuat website. Dalam membuat sebuah website ada prosesnya, entah itu waktu propagasi server dan lain-lainnya. Jika ada masalah dengan pihak hosting maka bisa menghubungi melalui live chat.

Tentukan nama domain yang cocok untuk usaha anda dan anda juga bisa menggunakan keyword yang ditarget agar bisa mendominasi search engine lebih besar. Jangan lupa untuk riset keyword melalui google keyword planner, website apa yang akan anda buat dan keyword apa yang ramai pengunjung dan bisa dijadikan tujuan utama dalam menggapainya.


1. Buka Cpanel
Masuk ke alamat CPanel anda, contohnya namadomainanda.com/cpanel. Lalu masukkan username dan password yang anda dapatkan saat melakukan pembelian hosting (cek email).
Cara Membuat Website Sendiri
Anda akan dapat melihat berbagai macam tools yang masing-masing memiliki fungsinya. Tampilan CPanel di hosting kamu mungkin akan sedikit berbeda, karena ada beberapa theme cpanel yang biasa digunakan. Namun anda tidak perlu risau, walaupun berbeda-beda themenya akan sama saja menggunakkannya.

2. Cari software bernama Softaculous
Softaculous ialah aplikasi untuk menginstall beberapa platform website, salah satunya ialah WordPress. Dengan Softaculous, kita dapat menginstall WordPress dalam 2x klik.
belajar membuat website

Setelah ketemu Softaculous, cari Wordpress kemudian klik Install. Kalau tidak ada, kamu juga dapat menggunakan Fantastico. Jika tidak ada juga maka harus menginstall secara manual, makanya dalam memilih hosting kita harus selektif dan cerdas.

3. Isi informasi Softaculous
Gambar dibawah ini adalah sebuah panduan membuat website. Isilah kolom dibwah ini dengan benar, yang anda harus perhatikan adalah hapus kata wp pada kolom in directory. Jika kata wp tidak terhapus, maka website anda akan berjalan pada alamat namadomain.com/wp. Setelah semuanya lengkap, klik Install. Selesai! Sekarang WordPress kamu sudah terinstall. Tidak susah kan?

Cara Membuat Website Sendiri, Belajar Secara Otodidak

Demikianlah artikel ini, semoga membantu anda dalam belajar membuat website. Jika anda pertanyaan silahkan anda sampaikan pada kolom komentar dibawah. Artikel ini berjudul cara membuat website sendiri yang bisa belajar melalui otodidak.

Comments