Indramayu Kota Wisata Kuliner

Indramayu kota wisata kuliner menjadi daya tarik untuk para pencinta kuliner di Indonesia. Pasalnya banyak sekali makanan unik dan enak yang membuat penarasan lidah untuk mencicipinya.Sebenarnya apa saja makanan-makanan tersebut yang membuat daya tarik untuk para pencinta kuliner di kota Indramayu ? Sebaiknya anda menyimak artikel saya sampai habis ya sahabat pembaca.

Indramayu Kota Wisata

Indramayu Kota Wisata

Anda pastinya penarasan kan apa saja kuliner kota wisata Indramayu ? Berikut ini adalah daftar nama-nama kuliner dan sedikit tentang penjelasannya :

1. Pindang Gombyang Manyung

Salah satu makanan khas dari Indramayu yang populer ialah pindang gombyang manyung. Pindang gombyang manyung ini serupa dengan gulai. Yang berbeda ialah bahan baku yang diubah menggunakan kepala ikan. Ikan yang digunakan ialah ikan manyung. Rasa dari pindang gombyang manyung ini sangatlah kaya. Bumbunya yang terdiri atas sejumlah rempah-rempah khas Indonesia yang memang mempunyai rasa yang khas, laksana jahe, kunyit, lengkuas, kemiri, bawang putih, bawang merah, dan sejumlah bumbu rahasia lainnya. Sebagai tambahan, dalam menu pindang gombyang manyung diberi ekstra belimbing wuluh dengan rasanya yang segar. Untuk dapat menikmati pindang gombyang manyung, Anda dapat menemukannya di dekat Pantai Utara Indramayu. Menu pindang gombyang manyung disajikan dengan nasi dan lalapan ekuivalen Rp 15.000.

2. Nasi Lengko

Makanan khas distrik Indramayu lainnya ialah sega lengko atau yang dikenal dengan sebutan nasi lengko. Seperti namanya, nasi lengko ini adalah penganan yang berbahan dasar nasi yang ditambah sejumlah bahan makanan lain. Di Indramayu, nasi lengko ini tidak jarang dijadikan menu sarapan. Di samping harganya murah, nasi lengko ini pun bernilai gizi yang tinggi. Isian dari nasi lengko sendiri di antaranya ialah nasi putih yang seringkali disajikan panas-panas. Diatas nasi seringkali ditaburi irisan tahu goreng dan tempe goreng, serta sayuran. Sayuran dalam nasi lengko di antaranya ialah mentimun mentah yang diiris atau dicacah, tauge yang sebelumnya sudah direbus, dan daun kucai yang dicukur kecil-kecil. Bahan baku nasi lengko itu kemudian diguyur bumbu kacang yang serupa dengan bumbu rujak atau pecel. Bagi kepedasan, bisa disesuaikan dengan selera pembeli. Tidak hingga disitu, nasi lengko yang menyeluruh dengan bahan pelengkap dan bumbu kacangnya itu kemudian diguyur dengan kecap manis yang encer laksana kecap inggris. Untuk meningkatkan kelezatan rasa dan aroma, nasi lengko ini lantas ditaburi bawang goreng yang gurih.

3. Rumbah

Jika Jakarta punya gado-gado dan Bandung punya Lotek maka Indramayu punya rumbah. Sama laksana halnya gado-gado atau lotek, rumbah adalah penganan yang terdiri atas sayuran yang sebelumnya telah dimasak dengan teknik direbus. Beberapa sayuran yang biasa dipakai pada menu ini ialah kangkung, kacang panjang, tauge, timun, kol, dan sejumlah jenis sayuran lainnya. Bahan baku itu kemudian diguyur bumbu kacang. Yang memisahkan rumbah dengan makanan sejenis lainnya, laksana gado-gado, lotek, atau pecel ialah kuah ekstra yang digunakan. Jika pada gado-gado, lotek, atau pecel bumbu yang digunakan lumayan bumbu kacang maka beda dengan rumbah. Bahan baku yang terdiri atas sayur-sayuran yang sudah diguyur dengan bumbu kacang, akan diperbanyak dengan sambal asem dan dibaur dengan air petis. Air petis ini tercipta dari air saldo masak ikan laut yang memakai gula merah. Bagi kita yang penasaran dengan menu sehat, kaya serat, dan non-hewani ini, bisa Anda temui di Jalan Pantura Eretan Kulon, Indramayu. Disana, terdapat satu lokasi makan mempunyai nama Rumbah Darinih yang terkenal sampai wisatawan mancanegara.

4. Burbacek

Makanan khas Indramayu lainnya ialah burbacek. Burbacek ini adalah singkatan dari bubur, rumbah, dan cecek. Seperti halnya namanya, burbacek ini tercipta dari bubur nasi biasa yang diperbanyak dengan rumbah khas Indramayu, serta cecek atau kikil sapi. Kikil sapi yang tersaji dalam menu burbacek ini terlebih dahulu dimasak dengan parutan kelapa yang diberi bumbu cabe merah. Dengan rasa pedas asam dari rumbah yang segar dan cecek yang gurih serta pedas, burbacek ini sangat sesuai dikonsumsi siang hari dibawah pohon rindang khas laut Indramayu.

5. Kue Koci

Makanan beda yang pun khas Indramayu ialah kue koci. Kue koci ini tidak jarang ada di acara-acara pesta masyarakat Indramayu. Di area Bandung, kue koci ini lebih dikenal dengan sebutan bugis. Biasanya kue koci ini pun selalu didampingi dengan kue nagasari. Kue koci tercipta dari tepung ketan yang berbentuk prisma. Tepung ketan ini diciptakan adonan dan disusun prisma. Didalam tepung ketan seringkali diisi dengan parutan kelapa yang dimasak dengan gula merah. Ada pun yang mengisinya dengan kacang hijau yang dihaluskan dengan gula. Umumnya, kue koci ini dibalut dengan daun pisang yang dimasak dengan teknik dikukus. Proses pematangan kue ini lumayan lama dibanding nagasari.

6. Blendung

Blendung adalah penganan khas Indramayu yang tercipta dari jagung. Untuk diciptakan blending, jagung terlebih dahulu dipreteli dagingnya lantas direbus sampai matang. Setelah matang, jagung lantas ditaburi parutan kelapa, sampai-sampai rasa gurih alami dari kelapa mendominasi dari makanan khas Indramayu ini.

7. Blengep

Jika sebelumnya tidak sedikit makanan dari Indramayu yang tercipta dari ketan, bebeda dengan blengep yang tercipta dari singkong yang diolah. Blengep ini adalah camilan tradisional khas Indramayu yang tidak sedikit dibuat oleh masyakata Indramayu pada umumnya. Singkong yang bakal dijadikan belengep ini seringkali diisi dengan gula merah dan diatasnya ditaburi potongan kelapa kecil-kecil yang sebelumnya telah digoreng.

8. Dodol Indramayu

Dodol adalah makanan khas Indonesia yang disetiap daerahnya tidak sedikit macamnya. Tidak melulu Garut yang familiar sebagai wilayah penghasil dodol terenak di Indonesia. Indramayu juga mempunyai ragam dodol yang tidak kalah lezat dan enaknya. Indramayu mempunyai dua macam dodol yang pasti saja lezat. Dodol Indramayu terdiri atas dua jenis, yakni dodol lolos dan dodol gula merah. Dodol lolos biasa pun disebut dodol basah. Sama laksana dodol pada umumnya, dodol basah pun terbuat dari tepung beras yang diberi gula merah. Yang memisahkan dodol yang satu ini ialah teksturnya yang tidak banyak lebih basah dan diatasnya diberi toping ampas santan yang menggumpal. Sedangkan guna dodol gula merah Indramayu pada lazimnya sama dengan dodol khas Betawi. Banyak inovasi dari dodol yang satu ini. Tidak melulu gula merah yang dipakai untuk menjadi bahan dasar dodol. Ada pun yang memakai gula putih, sampai-sampai warna dari dodol lebih putih.

9. Pedesan Entog

Makanan khas Indramayu lainnya ialah pedesan entog. Pedesan entog adalah olahan dari daging serati atau entog (sejenis bebek yang mempunyai tekstur daging lebih tebal). Daging serati atau entog ini familiar amis dan kenyalnya, tetapi dengan proses masakan laksana ini amis dari entog sama sekali tidak tercium. Dengan banyaknya rempah-rempah dalam bumbu pedesan entog ini menciptakan citarasa masakan tersebut paling kaya. Ditambah lagi dengan ekstra cabe dan merica yang cukup, rasa pedas yang didapatkan pun bisa ditoleransi oleh tubuh.

10. Emping Tike

Penganan khas Indramayu lainnya ialah emping tike. Emping tike adalah hasil kreasi masyarakat Indramayu yang mengubah rumput teki menjadi penganan yang nikmat. Rumput teki yang adalah rumput binal di wilayah Indramayu memang tidak sedikit tumbuh dimana-mana. Melihat situasi tersebut maka pengrajin makanan di Indramayu berkreasi menjadikan rumput binal tersebut menjadi penganan yang lezat dan digemari oleh seluruh org. Proses pembuatan melinjo tike ini sama dengan pembuatan melinjo pada umumnya. Mula-mula umbi rumput teki ini disangrai terlebih dahulu, lantas dipipihkan layaknya melinjo melinjo. Setelah pipih, umbi rumput ini lantas dijemur langsung dibawah terik matahari supaya kandungan airnya hilang. Setelah kering, melinjo ini siap digoreng.


Demikianlah ulasan tentang Indramayu kota wisata kuliner, semoga bermanfaat untuk anda yang sedang mencari destinasi perjalanan untuk menikmati kuliner yang enak dan unik di kota-kota di Indonesia. Untuk pertanyaan dapat berkomentar dibawah ini, jika kurang puas dengan artikel ini bisa mencari lebih banyak di Google.

Comments